jika saya menyebut "Kasoami" mungkin banyak orang bertanya-tanya apakah itu? namun kalau saya menyebut "KFC" pasti orang langsung mengatakan makanan asal luar negeri yang sedang populer dengan sajian ayam, nasi, dan meniman bersoda seperti sprite atau semacam. KFC adalah singkatan dari kentucky fried chicken yang didirikan oleh kolonel Harland Sanderd, dimulai tahun 1939 dan diperkenalkan di indonesia tahun 1979 jalan melawai jakarta.
Sedangkan Kasoami (masyarakat buton menamakannya) adalah makanan kas asal daerahku serupa tumpeng ditanah jawa, beda nya tumpeng terbuat dari nasi sedangkan Kasoami terbuat dari Ubi kayu. makanan ini dikenal sebagai olahan makanan tradional kas buton yang sejak saya kecil telah sajian paling mewah bahkan lidah saya terasa ganjil ketika kasoami tidak nampak di saat makan. Biasanya masyarakat buton selalu jadikan patner kalau sedang makan ikan bakar. huuuu
jika ada yang pernah ke buton mungkin tidak asing lagi dengan makanan olahan ini! Masyarakat hampir penjuru daratan buton menggunakan "kasoami" sebagai menu utama. kasoami kian bersahabat dengan lidah orang buton dari jaman ke jaman sejak nenek moyang. namun saat ini kasoami rupaya harus mulai tersingkir? lidah orang buton sudah kurang memakan kasoami. ada apa ya?? apakah dia sudah susah di cari atau harganya yang terlalu mahal?
Di tahun 2012 saya menyepatkan liburan ke kota bau-bau. kota yang selalu saya rindukan kala sedang bepergian kedaerah-daerah lain. kota ini seakan menjadi wahana aneka taman bunga karena panorama yang kian melekat berada diantara gunung dan bukit-bukit. saat waktu makan tiba pikiran saya langsung menyebut "Kasoami" maklum saya orang kampung selain makanan kas buton kasoami juga adalah favorite saya kalau menu nya ikan goreng dan ikan bakar.
Tempat yang paling cepat untuk menemukan "kasoami" di kota bau-bau adalah pasar Ambon (masyarakat disana mengenalnya dengan pasar malam), sangat dekat dengan stadion sepak bola. Biasaya orang yang gandrung akan kasoami selalu memenuhi tempat area ini di sore hari. adik saya sri langsung menarik tangan saya untuk segera pergi cepat-cepat nanti keburu abis. Sekedar info; kalau anda pengen makan kasoami cara paling cepat untuk menemukan makanan ini adalah pergi lebih awal karena kasoami sangat laris-manis (cepat terjual) kalau terlambat datang. Saat itu saya terlambat datang namun setelah sampai disana anehnya tempat ini sangat sepih dari pembeli.
Bahkan kasoami berjejer manis diatas meja-meja pedagang. Saya langsung bertanya penjual kenalan saya. ibu kenapa sepih sekali. apa orang tidak lagi minat dengan Kosoami ??. aduh saya juga kurang tahu nak.!! jawab ibu itu. Apa yang menyebabkan kasoami tidak laku terjual??. Bukahkan "Kasoami" sangat digemari oleh masyarakat?? Saya tidak langsung memberikan jawaban atas pertanyaan yang membanyang di pikiran saya.
Pada malam minggu saya diajak teman lama Nardin (biasa saya memanggilnya demikian) nongkrong di Pantai Kamali. Tak segaja saya melihat ada Restoran KFC di alun-alun kota pantai Kamali dengan konsep bangunan persegi empat serta miliki dua Lantai. Hampir seluruh lantai dipenuhi pengunjung yang ingin menikmati sajian restoran nan moderen itu. Dengan spontan saya langsung mengajukan pertanyaan sejak kapan KFC ada di pantai Kamali? kawan saya tertawa, hahaha... makanya jangan terlalu lama di Makassar!!
Ejekan temanku itu telah membuat saya merenungi kota ini di tahun 2001 pasca Reformasi yang segalahnya masih serba kekurangan. Namun kini hanya butuh waktu singkat Bau-bau telah menjadi ikon Indonesia timur di Sulawesi tenggara. Rasanya penegasan pangsa pasar KFC di kota ini semakin menegaskan Bau-bau telah menjadi kota nan moderen yang menjadi target para pelaku bisnis dari berbagai wilayah maupun macanegara. Bau-bau bukan lagi kota yang hanya menjadi penonton, malah jusru kota ini mengambil alih pembangunan kawasan timur indonesia.
Citra pembangunan dan gaya ala konsep kota metropitan telah menambah daya tarik konglomerat kakap untuk menamkan investasi. pada anak-anak muda dulunya hanya tumbuh dengan pola-pola tradisional kini menjadi anak-anak semangat juang dan menempah ilmu diberbagai bidang pendidikan pelosok negeri maupun luar negeri.
Lalu bagaimana dengan "Kasoami" selaku makanan trasional masyarakat? Apa kaitanya dengan KFC dan pembangunan kota bau-bau dan anak-anak muda kota ini?.
Soekarno pernah mengatakan "jangan sekali-kali melupakan sejarahmu" (Jas merah) karena itu adalah indentitas atau jati diri yang membedakan kita dengan lainya. Bagi saya "Kasoami" bukan hanya sebatas makanan kas buton tapi lebih dari itu memiliki filosofi sebagai jati diri yang kian merekat ditengah masyarakat sebagai Maha yang telah membangun marwa generasi anak-anak di Buton dari zaman-ke zaman. Kasoami telah memberikan suplemen vitamin dan nutri alami bagi jutaan anak-anak di pulau buton. Inilah yang menyebabkan anak-anak di pulau buton terkenal dengan jiwa penjelajah, pantang menyerah sebelum berhasil dan selalu mengangkat kepala kala menghadapi masalah.
Namun filosofi Kasoami kurang dimaknai sempurna oleh masyarakat, lidah orang buton telah berganti selerah rasa mengikuti arah pembangunan kota. kosoami kurang lagi bersahaja dengan selerah lidah orang buton yang telah mengecap lezatnya rasa KFC. Apalagi KFC ditawarkan oleh restoran klas mewah. Untuk anak remaja akan dicap ketinggalan jaman kalau tidak pernah makan di KFC. ya itulah paket neoliberal ala KFC di kota Bau-bau.
Secara filosofi sejalan dengan tuanya waktu saatnya yang lama akan tergantikan dengan yang baru yang harus dipertahankan adalah inovasi yang melahirkan karya. namun bagaimana pun jangan pernah meninggalkan kosoami, karena itulah bagian dari indentitas kita sendiri. salam buton.
Ejekan temanku itu telah membuat saya merenungi kota ini di tahun 2001 pasca Reformasi yang segalahnya masih serba kekurangan. Namun kini hanya butuh waktu singkat Bau-bau telah menjadi ikon Indonesia timur di Sulawesi tenggara. Rasanya penegasan pangsa pasar KFC di kota ini semakin menegaskan Bau-bau telah menjadi kota nan moderen yang menjadi target para pelaku bisnis dari berbagai wilayah maupun macanegara. Bau-bau bukan lagi kota yang hanya menjadi penonton, malah jusru kota ini mengambil alih pembangunan kawasan timur indonesia.
Citra pembangunan dan gaya ala konsep kota metropitan telah menambah daya tarik konglomerat kakap untuk menamkan investasi. pada anak-anak muda dulunya hanya tumbuh dengan pola-pola tradisional kini menjadi anak-anak semangat juang dan menempah ilmu diberbagai bidang pendidikan pelosok negeri maupun luar negeri.
Lalu bagaimana dengan "Kasoami" selaku makanan trasional masyarakat? Apa kaitanya dengan KFC dan pembangunan kota bau-bau dan anak-anak muda kota ini?.
Soekarno pernah mengatakan "jangan sekali-kali melupakan sejarahmu" (Jas merah) karena itu adalah indentitas atau jati diri yang membedakan kita dengan lainya. Bagi saya "Kasoami" bukan hanya sebatas makanan kas buton tapi lebih dari itu memiliki filosofi sebagai jati diri yang kian merekat ditengah masyarakat sebagai Maha yang telah membangun marwa generasi anak-anak di Buton dari zaman-ke zaman. Kasoami telah memberikan suplemen vitamin dan nutri alami bagi jutaan anak-anak di pulau buton. Inilah yang menyebabkan anak-anak di pulau buton terkenal dengan jiwa penjelajah, pantang menyerah sebelum berhasil dan selalu mengangkat kepala kala menghadapi masalah.
Namun filosofi Kasoami kurang dimaknai sempurna oleh masyarakat, lidah orang buton telah berganti selerah rasa mengikuti arah pembangunan kota. kosoami kurang lagi bersahaja dengan selerah lidah orang buton yang telah mengecap lezatnya rasa KFC. Apalagi KFC ditawarkan oleh restoran klas mewah. Untuk anak remaja akan dicap ketinggalan jaman kalau tidak pernah makan di KFC. ya itulah paket neoliberal ala KFC di kota Bau-bau.
Secara filosofi sejalan dengan tuanya waktu saatnya yang lama akan tergantikan dengan yang baru yang harus dipertahankan adalah inovasi yang melahirkan karya. namun bagaimana pun jangan pernah meninggalkan kosoami, karena itulah bagian dari indentitas kita sendiri. salam buton.
0 komentar:
Posting Komentar